Sistem Respirasi

Hmm… lagi pengen posting blog, tapi lagi males curhat. Jadi mending sekalian review aja tentang kuliah -_- hehehee.

Sistem Respirasi :

Gini, bedain dulu sistem Respirasi sama NAFAS.

NAFAS : tu cuma inspirasi ma ekspirasi

RESPIRASI : uda berhubungan sama metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh itu sendiri ada katabolisme ma anabolisme. Katabolisme itu berarti memecah, kalo anabol itu menyusun. Ga ngerti ? Baca gih di buku tar, fisiologi Guyton and Hall. wkwkwkk..

Aku bahas masalah Respirasi aja dulu ya :

ANATOMI RESPIRASI a.k.a Apparatus Respiratorius (sederhana aja) :

1. Hidung/Nassus : yah.. biasalah ada vestibulum nasi, ada concha, ada meatus nassi dkk

2. Faring tu di bagi 3  : ada nasopharinx, ada oropharynx, sama laryngopharynx <- itu laring,

3. Trachea : ada arteri2 (thyroidea superior + inferior, ma thoracica interna) ada vena juga., bentuknya kea selang mesin cuci gitu, dari tulang rawan hialin, bentuknya tapal kuda, ada sekitar 16-20an cartilago.

4. PULMO a.k.a Paru : ada bronchus, bronchiolus, bronchiolus respiratorius, ductus alveolus, sacculus alveolus, alveolus dst…  Btw, percabangan antar bronchiolus namanya bifurcatio trachea. :) tau kan, bronchus tu pipa yang nyabang ke paru kanan dan kiri.

oh iya, Paru kanan ma kiri beda lho, yang kanan tu ada 3 lobus, yg kiri cuma 2., Kenapa hayo ? Soalnya Allah SWT keren banget desain tubuh kita, disisain tempat buat jantung tuh. :D hehehehe.

Apa lagi yaa.. hmm.. hmmm.. anatomi respirasi.. hmm.. uda ah. tar mumet. hehehe, liat gambar di bawah aja ya :

Okee.. FISIOLOGI RESPIRASI sekarang.. hm hm hm.. proses pernafasan..

gini, ada 2 jenis respirasi :

1. Respirasi ekstraseluler : biasa, inspirasi ma eskpirasi.

Inspirasi : Cieh.. inspirasi.. bukan inspirasi kea di puisi2. Maksudnya inspirasi tu proses masuknya udara dari lingkungan ke dalam tubuh.

Ekspirasi : Proses keluarnya udara dari dalam tubuh menuju lingkungan sekitar kita.

Proses inspirasi ma ekspirasi ni.. ada 2 jenis, pernah denger pernafasan perut ma pernafasan dada ? Nih, aku ceritain di sini.,tapi aku jelasin dulu ya… gimana ceritanya udara bisa masuk ke paru-paru. Gini, kalo di IPA SD, pasti udah belajar kan, kalo udara bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Nah.. terus di fisika SMP, pasti uda belajar kan, semakin besar kapasitas ruang, semakin rendah tekanan udara dalam ruang tersebut. Ini berlaku dalam proses respirasi.

A. Pernafasan Dada : Cara tubuh memperbesar rongga dada, itu dengan cara mengkontraksikan musculus/otot intercostae/antar tulang rusuk. Otot tulang rusuk memendek, rongga dada naik, tek.udara dalam paru turun, dan udarapun masuk., Ekspirasinya ? Ya ototnya relaksasi, jadi rongganya mengecil, memaksa udara keluar dari paru-paru. :)

B. Pernafasan Perut : atau bisa juga dibilang pernafasan diafragma. Nah, ini biasanya yg bikin penyanyi-penyanyi suaranya bisa tinggi banget, atau mungkin rendah banget, atau mungkin rapper bisa berpuluh kata dalam 1 nafas. Dalam pernafasan diafragma, yang berkontraksi adalah otot diafragmanya. Hmm.. jangan dikira diafragma tu lurus ya. Diafragma/ otot pembatas antara thorax dan abdomen tu bentuknya melengkung., Jadi kalo dia kontraksi, otot ini bakal jadi lurus. Kebayang dong ? Jadinya rongga di dada gmna ? Melebar kan ? Makanya udara bisa masuk. Nah, otot ini kalo di latih terus menerus bisa kontraksi dalam waktu yang lama. . . . :)

2. Respirasi intraseluler

Proses respirasi intraseluler, berkaitan erat dengan proses metabolisme tubuh. Respirasi intraseluler itu pertukaran O2 dan CO2 antar sel, dalam hal ini dari Hb ke Sel-sel di seluruh tubuh, atau dari seluruh tubuh ke Hb. Tung tung tung, giniii.. kita tu nafas, untuk apa ? Dapet O2 kan ? Nah, O2nya buat apa ? Ya buat metabolisme.. metabolisme itu buat apa? Buat dapet energi.. energi ini lah yang tubuh pake buat mikir, buat gerak, buat nafas lagi, buat ngatur saraf simpatis & parasimpatis, buat thermoregulasi dll.  Jadi yah.. kalo mau baca lengkapnya.. mending baca buku untuk SMA kelas 3, bagian metabolisme.

atau kalo mau yang kompleks, langsung aja baca biokim harper/fisiologinya ganong. Tar ada glikolisis, siklus krebs, transpor elektron. banyak lah.

KEMBALI KE RESPIRASI. :D

Udara yang ada di lingkungan kita, itu bakal masuk lewat cavitas nassi/lubang hidung. Nah.. Apa yang ada di lubang hidung ?  ada cillia a.k.a rambut hidung.

ada 3 proses yang terjadi di hidung saat udara lewat :

1. Penghangatan : Dengan adanya pembuluh darah di hidung (hello, darah tu ngeluarin panas lhoo)

2. Penyaringan : Dengan adanya cillia, kotoran-kotoran di saring.

3. Pelembapan : dengan adanya mucosa dan sero. (lendir dan cairan -> asal mula upil :D)

Penjelasannya ? Udara yang ada di sekitar kita, belum tentu pas dengan suhu tubuh. Seperti kalian pelajari di Kimia kelas 1 SMA, semakin tinggi suhu, semakin cepat reaksi kimia terjadi., that’s why udara yang kita hirup harus di sesuaiin dulu sama suhu inti tubuh. Nah, selain suhu, udara tu juga mesti di saring. Karena di udara banyak partikel2 kasat mata yang sebenarnya bisa ngganggu pernapasan, contoh : debu. Terus, selain di hangatkan dan disaring, udara/air ini mesti dilembapkan. Panjang nih penjelesannya, paragraf baru aja ya :

Proses O2 diikat oleh Hb di vessel yang ada di alveoli. Mikir ga gmna caranya ? Proses difusi. Yup, bener. Nah, kalo difusi berarti apa ? cairan dengan cairan kan ? Nah lho ? Nih, udara tu dilembapkan biar O2 gabung dengan Air/Water jadi proses difusi bisa gampang. Selain itu, cairan/sero dan mukus/lendir yang ada di saluran pernafasan juga fungsi buat nahan kotoran loh :D

ada pembuktian dari pengalaman pribadi nih:

*intensitas dan warna upil gw, waktu merapi lagi erupsi ma pasca erupsi beda cui. Pas jaman merapi erupsi, upil gw warnanya abu-abu, banyak pula, tiap ngupil pasti ada banyak upilnya. Tapi pasca erupsi, upil gw jadi kuning lagi. Hahahahaha.. Nah lho ? Berarti vibrissae (cillia di idung nama kerennya itu) gw bekerja dengan  baik kan ? wkwkwkk..

Oke, balik ke proses. Udah selesai masuk iduuung.. terus.. udara lanjut masuk ke faring, laring, trachea, bronkus, dan akhirnya pulmo -> alveoli.

Tau ga? Paru-paru kita yang segitu, ternyata kalo di hamparkan ternyata nyampe 80 meter persegi loh. Kenapa ? Karena alveoli dalam pulmo tu bentukny kea balon-balon kecil yang kalo dihamparkan bisa seluas itu. Kenapa lebar banget permukaannya ? Ini tak lain dan tak bukan untuk mempercepat proses difusi (cuma 1-2 detik kan jarak antara inspirasi ma ekspirasi, ga hebat apa tu pulmo kita ?)

nah lho, terus dari situ.. darah yang ngangkut O2 bakal di bawa ke sistem sirkulasi, di sistem sirkulasi tar O2 bakal didistribusiin :D:D:D

Pengen posting masalah kelainan-kelainan sistem respirasi, cuma catetan aku kok ilang ya ? hehehehe..

Intinya nih : gangguan pengikatan O2/proses respirasi tu di sebut ASFIKSI, bisa karena ada kerusakan organ, bisa juga gara-gara ada halangan (contoh ni : keselek bakso, orang tenggelam)

OIYA ! Trachea ma oesophagus tu depan belakang lho, makanya ada epiglotis ni fungsinya kea pintu air gitu deh, buat ngarahin mana yang masuk sist.resp ma sist.digestive. :D OIYA ! Dulu gw kira epiglotis tu cuma otot, ternyata bukan bung ! ada tulang rawannya. hahahhaa, makanya bisa kuat gitu

Membahas sedikit masalah TBC aaahh.. nih, liat gambar sel-sel alveoli tu gmna :

dari Histology guide for Respiratory Portion :)

Gini, sistem difusi pada alveoli itu dimungkinkan terjadi karena sempitnya celah antar sel alveoli dengan kapiler darah. Kenapa bisa sempit ? ada surfaktan. apa itu surfaktan ? Surfaktan tu zat/cairan yang berfungsi menjaga tekanan permukaan paru-paru, jadi proses difusi dimungkinkan terjadi. sel-sel penghasil surfaktan ada di apex/puncak sel-sel alveoli.

NIH ! MASALAH TBC :

di tiap sel alveoli tu selain ada surfaktan, ada juga sel-sel fagosit/pemangsa. Halah. Pemangsa maskud aku pemangsa alien/mikroba/virus, sel darah putih gitu lah. Kalian tau kan ? Leukosit /pun sel-sel fagosit lainnya kalo memfagositosiskan suatu “hal asing” akan mensekretkan “mayat” dari “hal asing” tsb sebagai : nanah. Nah ! Ini nih yang jadi masalah, bayangin aja kalo celah yang amat sangat sempit antar alveo dan kapiler itu terisi dengan cairan! Kan bikin sulit proses difusi,. makanya orang-orang yang tenggelam tu awal mulanya ya sama aja kea orang TBC/pun pneumonia,, intinya paru-parunya keisi cairan, bisa air, bisa nanah, bisa juga darah. :)

Trus, inget masalah tekanan yg di bahas di awal tadi ? Gini.. Pernah liat film, terus ada adegan pas salah satu pemeran sesak nafas, trus bagian trakeanya di tusuk di lubangi terus di kasi bolpen/apa gitu ? Itu emang ada SOP medisnya loh. Emang itu salah satu cara untuk membantu orang sesak nafas yang disebabkan tekanan udara… Hm.. tapi ak lagi males bahas itu. kapan-kapan aja deh, aku bikin pagenya sendiri. :D bahas tuntas di situ.

Oke, that’s all.. kalo ada yang tanya, silakan aja. tar aku tambain di postingan ini. :D

Q :  Kalau sesak nafas itu karena ada masalah di paru2nya gak sih ?

A : bnyak pnyebab sesak nafas, tp yg baru sya pelajari masalah asthma, haha. jadi jawabnya itu dulu ya. Asthma itu.. tjd krena adany hipersensitivitas respiratory tract, terutma daerah bronkhus. namanya aja hipersensitivitas, jadi emang krena alergi. Di paru-paru, itu ada reseptor yg fungsinya bronkokonstriktor, nah.. pada org2 asthma, reseptor2 ini sensitif banget sama yg namanya “alien” yg ga sengaja masuk ke sana. Makanya langsung di sempitin jalur nafasnya., makanya ada yg bengek (ngiiik ngiik suara nafasnya).. Kalo uda gini, jgn di kerubutin. Dia butuh space! Dia butuh ruang ! Aa.. untuk masalah bagaimana penanggulangannya.. nanti tak update lagi lah. :D

ada jg yg sesak nafas gara2 spasme otot pernafasan, kram dada org bilangnya, kalo hipotermi gra2 basah, wah..itu sakit banget dada. seseeekk banget. penanggulangannya ? buka page yang ada di sub page ini deh : Penanganan Pertama Sesak Napas

3 thoughts on “Sistem Respirasi”

    1. Orng bisu ? Atau gagap ? Pada dasarnya, pusat berbicara kita di atur di otak pada bagian cortex cerebri. Jadi ada salah satu “kabel” yg nyambungin antara otak dgn lingua kita, kalau bisu yg di dapat dari kecil.. biasanya gara2 dia tuli.
      sejak kecil ga pernah denger suara, jd dia ga tau kalo dia bisa memproduksi suara. Kalau bisu ini di dapat saat dia udah dewasa,. sebutnya aphasia., ini ada 4 jenisnya :
      * Expressive aphasia – tau mau ngomng apa, tp g bisa ngungkapinnya, lisan maupun tertulis.
      * Receptive aphasia – bsa dnger, bisa liat apa yg tertulis, tp ga bisa ngolah datanya.
      * Anomic aphasia – misplaced information, jadi .. harusnya A, ngomongnya B.. ada trouble dlm mnggunakan correct word utk objek, tmpat, ataupun kejadian
      * Global aphasia – g bsa ngomong, g bs ngerti, g bsa bca, ga bisa nulis.

      pnyebabnya.. bisa stroke (kbnyakan), infeksi, injury begitulah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

that awful scribble in a better encasement.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: