Category Archives: Artikel

Wayang, Relief, dan lainnya

 

Huah ! Kadang aku nyesel jadi anak IPA. Ga begitu banyak kesempatan yang bisa aku dapet buat belajar lebih dalam tentang sejarah dan budaya Indonesia.  (Padahal ga ada juga di pelajaran IPS, haks haks haks). Kalau gak salah sih ada ya pelajaran seni budaya, iya ding ada. Tapi seni budaya isinya gambar sama musik. Okeee lah musik daerah sama lagu Kebangsaan masih di ajarkan di kurikulum. Muatan Lokal.. lebih ke arah bahasa ASING atau ga desain grafis dan kawan-kawan. (atau sekolahku aja yang gitu ?).

Udah 5 tahun lewat aku milih jalur “IPA” yg lebih menekankan sains dibanding sosial dalam pembelajarannya. (yaa. kamu ga belajar kan masalah politik luar negeri di kedokteran ?), kalau iya ada… mungkin udah banyak dokter yg jadi politikus.. ~terus ternyata banyak.. hahahaa.. ヽ(´ー`)┌

Kembali ke masalah seni budaya ! Dari dulu aku tertarik sama cerita ramayana, tentang pandawa dan lain sebagainya, relief candi sumpah aku penasaran banget itu cara bikin sama cara bacanya. Dari dulu pengen banget belajar tentang itu. Tapi emang belajar begituan mesti ngambil jurusan arkeolog ya ? atau wayangologi ? (apa coba). Aku pengen belajar budayaku sendiri. Tapi bingung belajar dari mana. Nyari di internet ? Gak lengkap ! Mana ada yang beda-beda lagi campur aduk sama budaya India. Hellooo.. aku tau ramayana asal ceritanya dr Hindu, dalam hal ini dari India, tapi yang aku pengen ketahui itu tentang wayang INDONESIA. Yoiii.. jawa maksutnya. Nasib lahir di kalimantan ga ada pelajaran bahasa jawa (gatau sih itu subjek yg selalu ada di sekolah negeri jawa atau gak, tapi aku pernah bantu nulis rapot murid-muridnya bulek dan emang ada pelajaran bahasa jawa).

<(`^´)> anak jaman sekarang mah, lebih tertarik sama sejarah negara orang dari pada negara sendiri, lebih tertarik sama bahasa asing daripada bahasa sendiri (ga munafik, aku juga tertarik bahasa itali kok). Ga ngerti nih mama ndidik aku gimana sampe jadi orang nasionalis gini (iya gue nyombong, motor di rumah aja merah-putih, saking mama sayang sama Indonesia *satu merah,satu putih maksutnya :p*)

Gak ada ya les wayang atau les apa gitu. Cuma buat pengetahuan gitu.. museum ? Halah.. -_-

Aaaarrrghh.. pengen tahu masalah budaya sendiri, masalah wayang, cerita di balik batik,, masa mesti beli buku di gr*media yg harganya 500 ke atas ngalah2in buku dorland itu ?! ( ̄□ ̄;) iya sih fullcolor,, tpi kn yaa.. masa mau belajar budaya sendiri mesti bayar mahal. helooo.. huks huks huks.. Aku pengen tau lebih banyak tentang budaya jawa, tentang sejarah Indonesia.. eh. keluasan deng, kalo Indonesia terlalu banyak, untuk saat ini aku pengen belajar masalah jawa dulu. Belajar di mana ya? Selain internet ? Pengen main ke museum, pengen ke perpustakaan daerah, tp apa daya mahasiswa banyak gawean gini nih. Hiks

gak meg, salah. Kalau kmu memang MAU, seharusnya kamu BISA, karena BISA berasal dari MAU, Kalau MAU BISA, berarti BISA. hohohohoho…

. . . alah meg.. nilai blok 12 mu aja masih  B, benerin dulu woi..

. . .

hiks.

aku pengen tau tentang Indonesia.. tentang budayanya.. apakah sesusah itu untuk mempelajari budaya sendiri ? Belajar budaya asing banyak yg buka les, giliran budaya sendiri.. grammar bahasa jawa.. ada gitu ?

Belajar hiragana katakana ada.. belajar hanacaraka ada gitu ?

hah.. andai ada 1 tempat, apa kek. museum apa gitu. apalah terserah namanya apa, yang bisa memudahkan kita belajar tentang budaya sendiri, dari ujung ke ujung. (enggak.bukan TMII… yg lebih detail lagi, bukan miniatur indonesia yang lebih rame orang dateng buat naik kereta gantungnya gitu)

yah.. some random thing.. from me who do know nothing.