Dulu V.S Sekarang

Dulu semua yang aku tahu, blum tntu semua orang tahu. Dulu semua yg orang tahu, kemungkinan besar aku sudah tau. Dulu semua yang aku lakuin selalu berpengaruh besar sama sesuatu. Dulu apa yang aku katakan selalu menjadi bahan pertimbangan dari suatu keputusan penting, dulu semua yang aku katakan selalu bernada “pasti” seolah – olah aku tahu semuanya. TAPI, emng dulu aku tahu semua yang mereka gatau.

Sekarang beda, belum tentu aku tau semuanya.Tapi belum tentu mereka tau semuanya tentang aku. Sekarang apa yang aku tahu, aku yakin semua orang tahu. Apa yang aku mengerti, mungkin saja ada yang lebih mengerti. Sekarang apa yang aku ucapkan, belum tentu aku yakin sepenuhnya. se-decrease ini ?? Atau apa ?

Dulu,  aku membaca apa yg biasa di baca orang – orang yang lebih tinggi tingkatannya dibanding aku, pengetahuan SMP-SMA aku tahu di SD, sekarang apa yang aku ketahui SEHARUSnya pengetahuan anak kuliahan ? Atau bagaimana ? Sementara pengetahuanku di SMA ga sepenuhnya aku mengerti.Waktu seakan berhenti di masa – masa aku benar – benar fokus ke arah pelajaran.

Dulu prestasi,  sosial, moral, apalah semuanya itu. Alhamdulilah dapet semua, sekarang belum tentu iya. Salah satu harus jadi korban, atau bahkan seluruhnya. Aku mencoba untuk berusaha kembali ke masa – masa di mana semua yang aku lakukan terjadwal, semua yang aku pikirkan terpola, semua yang aku ucapkan tertata. Tapi sulit, sulit bagi seseorang seperti aku yang sekarang ini.

Papa mama bilang aku harus berusaha mandiri dan bertanggung jawab, padahal aku yakin aku sudah ngelakuin yang harusnya aku lakuin. Belajar ? Tugas rumah ? Ibadah ? Jaga adek ? aktif di masyarakat ? Keanya semua insyaAllah dah terpenuhi. Belum cukup ? Masih kurang ? atau standar orang tuaku yang terlalu tinggi untuk sebuah penyelesaian ? harapan orangtuaku yang terlalu tinggi atas aku yang biasa – biasa ja ini ?

-atau emng aku yang sekarang g percaya diri ?!-

Dulu, aku berjalan santai menuju arah yang pasti dengan segala kemungkinan dan persiapan. Sekarng aku terengah merangkak berusaha berjalan di arah yang aku pikir ujungnya masih gg keliatan, dengan segala kekurangn dan segala tekanan. emangnya beranjak dewasa tu gini ya ?

“semua yang kita lakukan, kembali ke kita. semua yang salah, biasanya berasal dari kebiasaan kita yang juga salah”

kata salah seorang pemberi materi motivasi diri waktu itu.

Aku gg ngerti, kalimat itu bener atau salah. Tapi ak pikir kalimat itu ada benernya, ada salahnya. Masa’ kita mesti menyalahkan diri sendiri, blame our self buat sesuatu yang benar2 diluar jangkauan kita ? Cara pikir seprti kalimat di atas akhir2 ini menjadi pola pikir aku. Tapi kok semakin dirasain semakin aku ngerasa rendah diri. Heran.. Aku ngrasa apa yang selama ini aku lakuin salah. Lack of self confidence I think. So what should I do ?

when my mom start to shouts all my lackness

when my pa start to complain all my carelessness

when I start to losing all reliance, because of my failures.

Aku gg nyalahkan orang lain, karena gg dukung aku. Aku gg butuh pujian, atau dorongan, atau apalah itu namanya. AKU cuma butuh orang – orang untuk diem, biarin aku berkembang dengan sendirinya. Aku gg suka disuruh, aku gg suka di setir. Aku gg suka di arahkan kemana – mana, seakan – akan aku ga tau yang mana arah yang bener.

Seakan -akan aku orang buta gg tau arah ke mana. AKU GG SUKA.

Ini bedanya aku dulu dan sekarang. People loves to say what should I do when I was a kid, and I’d love to follow their command. Tapi sekarang, aku gg butuh suruhan sana –  sini. Aku lagi males dengerin masukan atau kritikan. -bukannya gg suka instropeksi diri- Aku bener – bener pengen fokus buat apa yang aku perjuangkan. Baru jalan 1 langkah, uda diteriakin, baru istirahat dikit uda di komenin. CAPEK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s