You Know What ?

WOI ! astaga.. gw kaget ndiri dengan semua yang gw sadari akhir-akhir ini, Keanya ada indera tambahan buat bikin orang nyadar sama apa yang dimilikinya gitu. Gini, ad case di tutorial sumpah mampus sederhana banget

(artiin langsung aja ya) hari ini ada lomba lari sprint 100 m. Setelah hitungan ke 3, atlit-atlit pada lari dengan sekuat tenaga secepat-cepatnya biar menang. Mereka kelihatan kehabisan nafas setelah mencapai finsih line. Setelah istirahat sebentar, mereka bisa bernafas secara biasa lagi.

Nah, ini sih uda biasa kita alami sehari-hari kan ? Hahahhaa. dan emang dulu uda pernah di bahas apa itu proses metabolisme tubuh. Blok aku ini sekarang tentang respirasi dkk. Kebetulan temanya respirasi, dan ak yakin ini pengennya kita bahas respirasi. Tapi semakin aku buka lagi semakin aku cari lagi, respirasi ini bener-bener membuka semua proses dalam tubuh manusia,. TERENGAH-ENGAH. 2 kata itu aja, satu kata sih, cuma diulang. ternyata melalui banyak banget proses. Kenapa dia terengah – engah ? Kehabisan napas. Kenapa kok bisa keabisan napas? Karena dia kecapekan. Kenapa kecapekan ? Karena dia uda ga punya energi. Kok bisa ga punya energi, dia kan napas? Loh ? Napas itu apa sih, cuma inhale dan exhale kan ? bentar-bentar, emang O2ny buat apasih ? Oh iya buat metabolisme. Metabolisme itu apaan ? Itu tuh, proses pembuatan energi, terdiri dari anabol dan katabol. Lah ? Apa hubungannya  ama capek coba ? Yaiyalah. capek itu kan otot – otot uda pada lemes, kenapa bisa lemes ? Karena mereka kurang O2, kok gitu? Bukannya biasanya juga otot kita biasa aja ? Ya mereka kurang O2 gara-gara ada timbunan asam laktat sebagai hasil sampingan napas keburu-buru akibat kebutuhan energi yang mesti dicukupi itu. Emang proses metabolismenya seharusnya dalam keadaan normal gmn ? nah.itu ada transpor elektron, siklus krebs, bla bla bla bla..

Yap, cuma dari 2 kata itu aja. Hahahaa. satu pertanyaan dan lainnya muncul.

Bentar-bentar, inget kan di tulis kalo setelah istirahat nafasnya kembali lagi. Hello ? istirahat itu apa ? Kok bisa istirahat bikin napas normal ? Nah lho ? berarti asam laktatny ilang dong?  Ilang kemana ? hahahahhaa. yaap, dannn. itu terus berjalan tanpa henti tanpa ada akhir. Dan, ternyata emang kita kurang tafakur sama semua yang kita miliki. That’s all.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s