Ketiak –> Ketika “a” dan “k” salah letak.

-_- halo..

Sekali lagi saya mau nyampah di Blog ini. Kawans, ada masalah besar minggu lalu yang tidak saya ceritakan di sini, karena sepertinya tabu untuk di gembar-gemborkan.biarlah yang lalu berlalu, biarlah resiko yang telah saya ambil dengan pilihan ini saya tanggung saat ini juga. Ah.aku benci pilihan. *mulai deh, cari shower. T_T*

Eh, sori ye, ga bakal ngomongin masalah ketiak atau apapun kok di sini, ga ngomongin bulu-buluan juga, it’s another junk seperti biasa.

Ini.. aku mau cerita masalah desa binaan , eh..salah.. calon desa binaan ak dan kawan2. Sebenernya proyek ini udah di inisiasi sejak.. pertengahan-akhir tahun lalu, mungkin sekitar.. November ? Bukan.. Oktober malah..

Eh, salah ding, September. Iya, september. Inget banget soalnya pas lagi ngerencanain beach camp pas si PM di panggil sama mbakbro. First thing first. Begini perjalanannya :

Seperti biasa, birokrasi. Kita udah ngajuin surat ke Bapeda, puskesmas etc dan alhamdulilah mulus.. walaupun sedikit kerikil bikin agak tersendat dan kita mesti berhenti sesaat buat ngelepasin kerikil2 itu dari sol sepatu.. tapii pada akhirnya mulus lah.. data-data udah di tangan. Ada waktu “nyampah” sekitar.. 2 bulan kali ya ? Pas kita mau ke dusun A, tapi karena petugas desanya orang dusun B, akhirnya kami di arahkan ke sana,dan selama 2 bulan, karena lack of skill basa jawa kami, (ga Cuma itu ding, kitanya juga salah ga langsung tegas. eaa) akhirnya kami “nyampah” di sana di dusun B, bolak balik posyandu kea orang bego selama 2 bulan. Secara, itu dusun B udah maju coiii,, udah jadi dusun percontohan, ngapain di bina cobaaa.. Hingga pada akhirnya. Tercetuslah pemikiran :

nyadar ga sih ? Dusun B itu sudah maju, makanya kalian susah buat ngelakuin apa-apa. Mending kalian balik ke tujuan awal, di dusun A.

Makasih buat inspirator saya yang udah nampar aku dengan kata-kata itu. Forward ! kirim ke tim MDGs lainnya, dan..mereka setubuh sama pendapat ini.

Ga lama, minggu itu juga, akhirnya… saya bertiga dengan jules dan eka ke tempat Bu Dukuh Dusun B, “minta putus”.

-duh, jadi inget.. bagaimana bu dukuhnya nyebelinnya minta ampun salah tangkep mulu,kan ga asik banget kita mesti minta putus berkali-kali dia baru ngerti-

Dan.. tahun 2012 pun datang, dan advokasi ke dusun A pun di mulai. MULUS. MULUS BANGET ! dari pihak dusun amat sangat senang sekali ketika kita datang, damn. Andai pikiran itu tercetus sejak awal. Alhamdulilah.. ternyata keadaan di sana kurang bagus (yaelah meeg.. malah bersyukur lo ada dusun yg kurang bener), maksutnya alhamdulilah tu.. ya.. berarti kami dapat kesempatan untuk berbagi dengan sesama gitu, berhubung itu akhir semester, ya.. akhirnya kami minta rehat dulu 2 minggu sebelum akhirnya kami bener-bener turun ke sana. Februari kami JANJI untuk mulai eksekusi kegiatan di sana, termasuk acara-acara bulanan rutin.

Kawan,

Di sinilah.. Allah menguji kami dengan memiliki seorang.. apa ya.. kemahasiswaan bukan sih.. yah begitulah pokoknya.. beliau amat sangat peduli sekali dengan kerapihan birokrasi, kebenaran fakta dan data.

Seriously.. Nih.. aku kasih gambarannya aja ya :

Januari 

Kabur dari posyandu dusun B ditemenin sama bidan desa (yang baiiiik banget) ke dusun A, buat di kenalin sama Pak dan Bu Dukuh, waktu itu tanggal 5. Kami di tawarin untuk datang tanggal 10, posyandu bulan itu. Dan kami datang.

Februari

Janji eksekusi pertama, terutama di posyandu : NIHIL. Saya MALU.

Maret

Setelah berkali-kali advokasi ke pak dukuh minta data (yang sebenarnya menjadi permasalahan dusun ini, –mereka “dikucilkan” puskesmas karena laporan data-data yang selalu telat, makanya mereka jarang dapet materi-materi kea di dusun B–), akhirnya pak dukuh ngasih syarat kita kenalan dulu ke ibu-ibu PKK sama ketua RT, biar pak Dukuh yakin kita mau implementasi di sana, ga Cuma janji palsu, dan pak dukuh bakal kasih data.

Tanggal 6 kami ketemu ibu PKK, tanggal 15 kami ketemu ketua RT, gak dewa banget apa ya kita ?

Anyway,, jangan tanya data buat apa, ya jelas buat proposal lah, kea jumlah bayi, balita, remaja, dewasa produktif, nikah, KB, hamil, lansia.. KITA BUTUH data itu. Dan, dengan supernya ibu dukuh menyebutkan satu demi satu angka pasti  berdasar ingatannya. *hammer*

Unfortunately Bu, Ibu ga bisa ketemu dr. A**** langsung, biar ibu nyerocos nyebutin semua datanya. Hhh.. Sebenernya kepikiran buat bantu ibunya ngurusin data,biar cepet jadi proposal trus eksekusi di sana, cuma jujur aja, sebagai mahasiswa dengan 2 organisasi  1 badan kelas di tangan dan banyak acara seliweran, saya gak sanggup. Akhirnya tercetus ide mending langsung minta ke puskesmas.

Anyway, mau cerita nih. Maret Posyandu miraculously ga ada yang dateng. LAGI. Saya MALU. LAGI. Jujur aja, aku salah, karena aku ga mengingatkan. Tapi masa harus aku ? Tim ada 5 orang, aku vice di sini, ada PJ, ada PM, ada sekre, ada Research. KENAPA BISA yang EMPAT LAIN GA INGET !? Oke. Kembali ke awal, saya rasa ini kesalahan saya. Kenapa saya ga datang ? saya lagi dinas ke Bogor saat itu. Maaf. Maaf Bu, saya tidak bermaksut mengecewakan ibu lagi.

Tanggal 6 Ibu PKK, 7 – 10 saya di Bogor, pulang-pulang banyak banget masalah yang menghadang, termasuk masalah di paragraf pertama postingan ini yang malas saya jelaskan. (sebenernya itu doang sih, sama tugas tutorial yg sampe sekarang entah bagaimana nasibnya, laporan perjalanan dinas, hafalan, TOEFL, ujian blah blah blah –lebai aja sih, biasa aja kok– )

Kembali ke cerita tadi, NAH. Kawans, saya merasa sendirian di sini. Atau sayanya aja kali yaaa.. Orang-orang di Tim insyaAllah bagus semua kok, kecuali.. yaaah.. 1-2 orang, #eh,. Hahhaa. Bagus kok mereka, Cuma mungkin ada yang memang orang sibuk (termasuk saya, ciiieee..) makanya kita molor-molor dan ga bisa fokus ke MDGs ini. GOD ! How I want to help sidorejo so much ! Ya Allah, kami hanya ingin beramal, please please please, tolong kami dalam menyelesaikan amanah ini. Please, apakah salah bagi kami jika ingin membuat sebuah perubahan di suatu tempat kecil di pojok Jogja ??? :[

Friends, besok..salah ding, tar sore.. bakal ada PAUD. Minggu lalu, sebagai rasa bersalah ga dateng ke posyandu 2 kali, aku akhirnya dateng ke PAUD, even if I have to be alone cause all of my teams are busy. I’ll work this out.

Tar sore PAUD, tapi pada ga bisa, kecuali presiden saya dan pacarnya, sama Nisa.. God, three of them are not the team, they’re all pengurus harian, I wish my team dedicated like that.

*gak ngomong mereka ga berdedikasi lho ya.. Tapi.. yah.. mngkin standarku aja yang ketinggian,a tau akunya aja yang belum belajar menghargai. Damn, I love my team, just.. please.. put your heart and all of your effort here. MDGs isn’t something trivial that you could play. We’re working with people out there, who needs help ! They need help ! and so do we. We need to learn from them.*

Eh, btw. Aku mau cerita lagi nih. *yaelaah..udah 3 halaman meeeg*

PAUD di sidorejo, belum terdaftar, belum punya akte, dan belum punya surat izin, padahal udah 2 tahun jalan. Tanya kenapa ? gatau juga. Hehehe. Tapi aku salut banget sama mereka, selama 2 tahun ini juga mereka bertahan, barang-barang mereka lumayan banyak loh, mainan buat denver ada semua keanya, balok2 gitu.

Eh, aku kan cerita ya sama mama, mama bilang gini :

“Dulu 200 orang, terus sekarang Cuma 20 orang ? Udah pada gede semua kali ?”

“elah maa.. baru 2 tahun. Cepet bener gedenya”

“ooo..ya berarti PAUD yang di sana kurang efektif meg, kurang bagus kualitasnya.”

“maksutnya ma ? Mereka keren tau, bisa bertahan selama itu. Wiiiih banget pokoknya.”

“iya, mereka keren. Tapi jauh keren lagi kalo bikin akte dari dulu, jadi bisa dikembangin. Itu pengurusnya ga bener itu berarti”

“…… –mbayangin mukanya bu dukuh.hahahaha-”

“yah.. yaudah, kan katamu sekarang mereka mau ngusahain akte tho ?”

“he’e”

“selama mereka ngurus akte, kamu sama temen-temenmu usahain yang terbaik buat PAUD di sana”

“–terharu–, iya ma”

“ya.. biar nanti anaknya cerdas-cerdas,pinter-pinter, terus peduli sesama kayak anak mama”

“aku ya ma ? –muka berbinar–”

“bukan, andono. Kamu dulu ga ikut PAUD, Cuma BKB sama Playgroup”

“jiah.. -_- ma.. tega bener sih”

“yayaa.. yaudah, mama mau nyelesain ngoreksi soal, adekmu di suruh belajar ga belajar-belajar”

“yoooo.. jaga kesehatan ya maa”

“iyaa.. kamu juga, jangan aktif organisasi tapi kuliahnya lupa lho ya..oiya..nilaimu kok terjun bebas….”

Bla bla bla bla.. dan percakapan berlanjut ke 30 menit berikutnya membahas mengenai nilai, kakak, tetangga, rekan kerja, sampe ke cakno tukang bakso keliling yang biasanya keliling sekarang ga keliling lagi karena alhamdulilah udah punya warung, alhamdulilah.. nah , lho.. kan ..OOT deui T_T

Ah…

Entah kenapa, hati tenang tak lagi bimbang setiap kali saya menuliskan pikiran saya. Ngik, tanya kenapa ? Gatau kenapa. Lebih seneng menulis daripada bercerita. Karena kalo cerita kadang-kadang kita capek duluan ngomongnya karena mesti ngulang-ngulang dan belok ke mana-mana karena pihak pendengar lagi asik entah apa, atau mungkin lagi stress juga. *balada orang serumah sibukers*

Eh, pngen cerita yang masalah di paragraf pertama deh, yaelah.. udah 4 halaman..gajadi deh.

Mungkin itu saja postingan saya kali ini, mohon maaf kalo nyampah. Wass.wr.wb

a part of me, telling me to movin on even without them. But consciously I know what’s best is to bring more people to do this, so the impact from our act would be bigger, and that’s what I want. What WE want, and what THEY need. Hh.. fastabiqul khairat. Bismilah.

The more, the merrier. Right ?

Anyway, some pics :

 

eh.. hahaa. modem abis masa. males banget dah. ntar kalo uda isi ulang aku upload deh foto-fotonya. lumayan banyak kok ternyata😀

Leave a Reply

