Kediri, being a volunteer Part I

Kediri, bagian 1

Bismillahhirrahmanirrahim..

Aku tulis postingan ini, postingan terakhirku tentang aku sebagai anggota aktif TBM ALERT. J

Jum’at, malam hari di Kediri, Gunung Kelud meletus dan memuntahkan material berupa kerikil panas ke sekitarnya, abunya tersapu angin menuju barat, mengabukan sekian banyak kota di pulau jawa, Jogjakarta tentu saja terkena imbasnya. Yang aku ceritakan kali ini bukan tentang pembagian masker ataupun apa yang dilakukan TBM ALERT saat ini terjadi di Jogjakarta, mungkin lain kali. Karena masih ada hal urgent yang ingin aku ceritakan, sebelum akhirnya nanti aku lupa bagaimana kronologis kejadiannya, lupa detail2 kecil yang sebenarnya penting yang sering terselip di memori. Oke, bahasaku udah mulai alay. Hahahaa..

19 Februari 2014, siang hari.

Tim Deploy dipanggil ke markas untuk rapat mengenai keberangkatan tim menuju Kediri sebagai tim assessment awal proyek Desa Siaga Bencana di sana. Blank. Yang aku tahu aku mau ikut, apapun yang terjadi.

1 minggu, perkuliahan ? Nanti aja urusnya. Bisa di usahakan.

 19 Februari 2014, malam hari.

Fix, kami berangkat ber10 menuju Kediri pada tanggal 22 nanti hingga tanggal 28 dengan surat tembusan MDMC, rektorat setuju, kaprodi membeir izin untuk mengganti kegiatan perkuliahan dan lain sebagainya., packing. Duh. Capek.

Bentar, 10 orang yang berangkat dari kami adalah Jihan, Isaac, Ardana, Ijal, Jeff, Fatma, Uci, Moo, Fadia, dan aku. Ardana dan fadia cabos, harusnya tanggal 24 mereka presentasi untuk pemlihan, Ardana punya PR membuat film untuk pelantikan, Jeff coordinator perkap pelantikan,, Jihan yang Bos, harus berangkat lagi padahal kemarin sudah ke Manado. Pelantikan gimana ?!?

21 Februari 2014, siang hari

Masih harus bantu penelitian temen. -_- kapan packing coba. Yassalaaamm..

21 Februari 2014, sore hari

Presentasi cabos dulu, baru berangkat. Fadia sama Ardana cabos dua-duanya diculik ke Kediri, salahnya masuk tim deploy, . hahaha..

IMG-20140306-WA0045

21 Februari 2014, malam hari.

Kami di kereta, izin dulu sama Pembina ALERT,

22 Februari 2014, dini hari

Alhamdulilah sampai di Kediri, walaupun hampir aja kelewatan ni stasiun. Pada tidur semua.. bayangin kalau kita semua lanjut sampai ke Malang ! ya gapapa sih~ hahahaa..

Di stasiun kita dijemput ambulance dan strada, berasa keren banget. Hahahaa.. sampe akhirnya ada bau duren menyengat hidung, dan rasa mual menusuk2 lambung. Hadeeh..Kami digirin ke PDM Kediri, buat istirahat di sana, di briefing sih katanya.. tapi ya akhirnya pada tidur semua juga. :p

Paginya kita  nyerahin amanah sumbangan dari temen-temen di FKIK UMY yang emang udah ngumpulin donasi buat Kelud dalam bentuk dana.. Kami serahkan ke pengurus PDM Jatim, untuk ditindaklanjuti (eeaa)

IMAG1598

IMAG1593

ketemu sama semua relawan yang ada di PDM, dari KRM Jakarta, dari MDMC, dari SMK 1 Ngadiluwih, dari IMM Kediri, semuanya, aku baru nyadar kalau Muhammadiyah itu besar. Di sana kita dapet pelatihan dasar mengenai bencana dan medis untuk akhirnya pas malem hari dibentuk menjadi tim-tim kecil yang akan diturunkan di posko2 di 3 titik di sekitar Kediri, satak dan sukomoro. 3 org kru medis, 2 orang kru bencana, dan 1-2 orang relawan tiap timnya, hingga malam kami masih belum bertemu pihak rumah sakit yang harusnya member kami briefing.

Menyusun program, anggaran, dsb dalam waktu 4 jam. Gila memang, tapi bisa dan alhamdulilah kelar.

Pagi harinya, saat briefing dengan tim RS, tim posko 3 yang seharusnya ada aku sama moo, tiba2 diacak dan akhirnya saya terjebak perempuan sendirian di antara 5 lelaki -__-. Dan dimulailah perjalanan kami menuju Satak, disambut gerimis deras hujan yang akhirnya tak turun lagi. (asik)

Tim Satak Yani I
Tim Satak Yani I

From then on..kita tinggal di rumah warga.🙂 to be continued.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s