Being Brave

Yea… I know aku bilang bakal off untuk sementara. Tapi I do have an urge to write this. Hahahhaa..

To tell you the truth, these past 2 weeks a lot of things changed in my life, and it’s still changing. I’ve met a lot of wonderful people, a lot of strong, brave people. Never had I thought I would be so small being compared to a 7 year old boy as for the braveness.

 

So.. kemarin nemenin mbak *L** ke kemoterapi. She suffered from a breast cancer. I told you, she’s a healthy woman. Barusan aja nyelesaikan S2, baru aja settled down sama keluarganya di Jogja, dan ternyata terdiagnosis ca. mammae. FYI, she has a daughter, 3 years old. Singkat cerita aku nemenin mb L beberapa kali ke bagian radioterapi di RS *piip* beberapa hari. Aku kaget, jujur aja.. banyak banget yang mesti kemo. Aku banyak belajar mengenai sifat selama di ruang tunggu.

Mereka yang kena kanker dan sedang menjalani perawatan menanggapi keadaan mereka sesuai coupnya masing-masing. Ada yang diem aja keliatan banget depresi, sedih. Ada yang ngelamun sambil mainin jari, ada yang cemas aku ngeluarin HP di ruang tunggu (yang notabene jauh dari ruang radiasi) trus ngingetin buat matikan HP, ada yang jalan, ada yg di kursi roda, ada yang sendirian, ada yang berdua ditemani suami/istrinya, ada yang bersedih dan ada yang tertawa seperti biasa. Pasien-pasien ini bertukar sapa, memperkenalkan diri dengan cara “Linac / Cobalt ? Kemo ke berapa? Kanker apa ?” dan mereka bertukar cerita mengenai bertahan hidup dan bertahan melawan chemotherapy yg mereka jalani.

Apa ya…

I feel out of place di situ.

Pas lagi feel out of place gitu ada 3 orang dokter muda (koass) lewat depan pasien-pasien… dengan jas putihnya berkibar jalan aja ga pake senyum ke pasien.

Trus dalam hati misuh, “sok bener sih mahasiswa kedokteran ini”

….

Trus … jadi mikir.

 

Did I do that too ?

Oke out of topic, balik lagi. Yang aku mau certain adalah si Nauval. Anak ini umurnya 7 tahun, chemo ke 24xnya kanker otak (sori, ga tega nanya lebih jauh). Dia sendirian datengin aku sama anaknya Mbak L yang lagi main game waktu itu.

 

“main apa sih ? Boleh ikutan ga ?“

 

Absolutely yes  dear ! >> pengen teriak gini ceritanya. Bapaknya lagi ke gedung lain ngurus BPJS. Asik aja kita bertiga main di situ, waktu ada perawat manggil namanya,

 

“mbak, aku suntik dulu ya…”, Nauval ngomong gitu sambil jalan ke masuk ke ruang radiotherapy.

Call me lebay; but it needs a load of braveness to being like him. Suffering a brain tumor (or cancer, I don’t know, but it needs chemo, so might be cancer). Seorang anak kecil,usia 7 tahun ga sekolah beberapa bulan karena harus chemo tiap hari, rambut rontok, gigi rusak, kulit terbakar di bagian yang dichemo,pusing, mual, muntah pasca chemo, belum obat-obatan yg harus diminum.

 Mbak L sempet cerita beberapa kali masalah ketakutannya tentang rambut rontok sementara jabatannya di TNI AU yg belum ada aturannya mengenai jilbab (beda ama polri) dan harus wisuda akhir tahun ini, penampilan pasca operasinya, apa bisa dioperasi atau nggak, mungkin gak dia punya anak lagi apa nggak, apa kankernya bakal balik lagi,.. all those fear. Uneasiness a child like Nauval has to bear it.

AND HEY ! It’s not a special case. A lot of them is out there…

 

What I want to say is..

Bersyukurlah kita diberi sehat. Gimana ? Ya di jaga ! Sehat itu amanah, selama sehat masih diamanahkan sama kita….apa salahnya kita melakukan yang terbaik.

Salut buat mereka yang bertahan dengan situasi sulit seperti kanker, sakit terminal, cacat irreversibel semuanya lah.. ak banyak belajar dari mereka. Belajar ttg keberanian terutama, kesabaran, keikhlasan,.Semoga mereka semua selalu dalam lindungan Allah S.W.T, semoga diberi kemudahan dan kekuatan dalam menjalani ujian mereka masing-masing. amin.

 

WOKEH ! Belajar MCQ lagi fellas. Hahahaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s