Penangan Sesak Napas

Gangguan pernafasan, itu rangenya luas banget, bisa dari terengah-engah, ga bisa tarik napas dalam, megap-megap ga bisa napas, atau perasaan sesak kea dihimpit sama dua cowok cakep gitu. #eh. Hahaa. Puhlis, diinget. Kesusahan bernafas, hampir selalu sebuah keadaan EMERGENSI. (eh, kecuali yang pas habis olahraga lho ya, itu mah.. biasa. hehehe)

Penyebab

Banyak penyebab susah nafas, nih, biasanya tu ya :

  • Asthma
  • Berada di ketinggian
  • Jendalan darah pada paru
  • Chronic obstructive pulmonary disease (COPD)
  • Collapsed Lung / Paru Kempes.. itu.. yg di page sebelum ini dijelasin masalah tekanan-tekanan itu lho.
  • Serangan jantung
  • Penyakit Jantung, atau gagal Jantung
  • Cedera pada leher, dada, ataupun pada paru.
  • Reaksi alergi yang membahayakan jiwa.
  • Infeksi sistem respirasi, termasuk pneumonia, bronkhitis akut, batuk rejan, batuk + sesak nafas, dkk dll dsb dst.

Oke, kita serius mulai dari sini, ga pake haha hihi lagi yah. Perhatikan !

Gejala

Seseorang yang susah napas berciri-ciri :

  • Bibir, kuku, ataupun jari yang kebiruan.
  • Gerakan dada yang ga normal pas napas.
  • Nyeri dada
  • Kebingungan, kepala keanya melayang –halah-, atau ngantuk. Intinya : kesadarannya turun, apalagi kalo panik -_-
  • Batuk
  • Demam
  • Suara kea..kumur-kumur, suara menciut ngik ngik, atau ga suara.. hm.. kea lagi siul gitu.

First Aid

Kalo ada seseorang yang ngalami sesak nafas :

  1. Cepet hubungi tenaga medis. Immediately call 911 or your local emergency number.
  2. Cek jalan nafas, pernapasan, dan nadi, kalo udah pernah belajar BLS, ya langsung aja RJP kalo emang dibutuhin (ini biasanya kasus cardiac arrest)
  3. Baju-baju yang ngetat, atau ngikat (terutama bagian dada, leher sama perut noh), longgarin.
  4. Bantu orangnya make obat yang dia butuhin (kalo asthma kan inhaler ato ga oxycan)
  5. Cek terus napas sama nadinya sampe tenaga medis dateng. JANGAN kira, kalo suara ngik-ngiknya udah ilang berarti dia udah ga papa. Kita ga tau.
  6. Kalo ada luka terbuka di leher atau di dada.. mesti di tutup. Apalagi kalo misalnya ada gelembung-gelembung udara yang keluar dari luka (kan berdarah tuh, nah..darahnya ada gelembung gitu.)
  7. Kalo ada begituan, langsung aja selotip pake selotip plastik lubangnya, semuaaanyaaaa.. kan ada 4 sudut tuh ya kalo di selotip, buka salah satu, jadi udara yang terperangkap di rongga paru bisa keluar. *kembali ke materi tekanan.*

JANGAN pernah

  • JANGAN pernah sekalipun ngasih orang yg sesak napas makanan atau minuman.
  • JANGAN dipindahin kalo ada luka di dada atau luka di jalan napas, kecuali kalo emang kepaksa banget (contoh : di tengah jalan yang banyak truk tronton lewat)
  • JANGAN di kasih bantal, ini malah nutup jalan napas.
  • JANGAN dikerubungi, dia butuh oksigen woiii.. dia butuh oksigeeenn.. dia butuh oksigeeen.. JANGAN malah dikerubutin trus malah di kasih CO2 dari orang-orang yang ngomong “kenapa kenapa kenapa ?” =_=
  • JANGAN nunggu dia baikan baru nelpon tenaga medis, yang ada juga telpon tenaga medis langsung. PLEASE. Inget, ini crucial.
  • Kalo dulu, pas SMP, pernah di kasitau.. taruh saputangan basah di depan kipas angin, terus dianya suruh napas di depan kipas anginnya gitu. Tapi jangan deket-deket. Jujur aja ya, aku belum nemu kaidah dasarnya sampe sekarang, yang pasti itu seger sih. Tapi… kalo kipas anginnya gede ya.. yang ada juga ga bisa napas. *fakta, pernah nyoba :p* jadi.. keanya ga usah. Mending buka airway aja.

Kapan kamu Mesti ngubungin 118 / RS terdekat

Orang yang sesak napas ini (panggil aja bunga), BENER-BENER butuh bantuan medis BANGET, (inget, kamu yang nghubungin lho ya.) kalo misalnya :

Bibir, atau jari, atau kukunya kebiruan. OMG, it’s emergency. Ada nyeri dada (cek-cek dia pasien jantung), batuk darah dalam jumlah besar, pusing hebat yang rasanya kepalanya udah kea mau lepas, si bunga ngiler banyak banget, nada ngiknya makin lama makin naik oktaf, ada bintik-bintik merah (tanda alergi sesuatu), si Bunga ga bisa ngomong, mual dan muntah, berkeringat, atau detak jantung yang ga normal (cepet atau ireguler.)

salah satu tanda di atas, dan kamu harus nelpon tenaga medis secepatnya.

sumber : medline

One thought on “Penangan Sesak Napas”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

that awful scribble in a better encasement.

%d bloggers like this: